Sabtu, 30 April 2011

Cara Custom Velg Jari-jari standart ke jari-jari 72 (Jari Rapat)

Disini saya akan membahas sedikit dari banyak cara untuk membuat velg jari-jari rapat yang telah saya praktekan sendiri dengan menggunakan peralatan seadanya serta dengan waktu yg terbatas. saya hanya menjelaskan sedikit saja, mungkin anda bisa masukan ide kreatif lain.

(Gambar 1.1 Velg Jadi, Hasil Buatan saya.....)

Persiapan Alat dan Bahan.
* Alat :
**Bor Listrik Manual (Lebih disarankan memakai bor duduk yg sering dipakai untuk pembuutan agar hasil lebih terukur, lurus dan rapih)
** Mata Bor, Persiapkan untuk ukuran 4mm dan 6 mm.

*Bahan:
** 1 Set Tromol (Depan & Belakang Sesuai jenis motor serta model sesuai selera)

** 1 Set Ring Velg (Depan & Belakang Ukuran sesuai selera, saya sarankan agar memilih velg lubang rata tanpa tongolan)
(Gambar 1.2, Contoh Velg.)

** 2 Set / 72 Batang Jari - jari depan (Untuk ukuran sesuai jenis tromol & velg, Tanya Penjual)
** 2 Set / 72 Batang Jari - jari belakang (Untuk ukuran sesuai jenis tromol & velg, Tanya Penjual)


Cara Pengerjaan
* Pengeboran Tromol
      Yang dimaksud dengan pengeboran tromol ialah menambah jumlah lubang bawaan pabrik yg sudah ada Sejumlah 36 lubang yang dibagi menjadi 2 sisi Kiri 18 lubang dan kanan 18 lubang. Kita akan melubangi menjadi  72 lubang, kanan 36 dan kiri 36 akan tetapi kita akan menyisakan 1 yg tidak diberi lubang bisa sebelah kiri atau sebelah kanan (karena jika akan ada 1 lubang yg tidak terpakai, baca selengkapnya untuk lebih jelasnya lagi). posisi pengeboran ialah di antara lubang-lubang yg sudah ada dan menggunakan mata bor ukuran 4mm.
(Gambar 1.3, Posisi Pengeboran Tromol.)

*Pengeboran Velg
      Pengeboran velg tidak terlalu rumit, sama halnya dengan mengebor tromol, artinya kita juga akan menambahkan lubang sehingga menjadi 72 dikurang 1 (Posisi Lubang Pentil Ban Dalam / Tubeless) dan menggunakan mata bor ukuran 6mm,
(Gambar 1.4, Posisi Pengeboran Velg..)

*Perakitan
       saya tidak bisa menjelaskan terlalu detail tentang perakitan ini, anda bisa melihat gambar-gambar digoogle,  untuk tingkat kemiringan jari-jari. berikut ini sedikit cara pemasangannya,
(Gambar 1.5 Posisi peletakan jari-jari)

*Penyetelan Velg
     Sebaiknya penyetelan velg dilakukan oleh orang yang berpengalaman/bengkel

Percobaan ini sudah saya lakukan, dan dapat menghemat pengeluaran biaya dibanding jika anda beli yg sudah jadi.
Berikut ini perinciannya (Saya mengaplikasikannya ke Sepeda Motor Scoopy)
Tromol PKM Rocket Depan & Belakang Rp.280.000
Velg Depan & Belakang Rp. 450.000
Jari-jari 4 Set @ 30.000 Total Rp.120.000
Bor Pinjam Tetangga
Mata Bor Kurang Lebih Rp.30.000
Penyetelan Velg Dibengkel 50.000
Total Pengeluaran Rp. 930.000

Estimasi Waktu Pengerjaan
Pengeboran Tromol 1 set 5 Jam
Pengeboran Velg 1 set 8 jam
Perakitan Velg Depan 4 jam
Perakitan Velg Belakang 7 jam
Penyetelan velg di bengkel 12 jam
Jadi kira-kira kalo ditotal 36 Jam Nonstop. Tapi Pengerjaan saya bagi-bagi selama 2 minggu.


Sekian saja dari saya, kurang dan lebihnya bisa kita diskusikan bersama, jika ada pertanyaan bisa hubungi YM saya yg sudah tertera di blog ini.

3 komentar: